08.01
2
Barsaxx News : Substitusi Kampas Kopling
Substitusi Kampas Kopling

Performa motor melorot, bisa jadi disebabkan oleh kampas kopling yang sudah aus. Atau gas sudah dibuka pol, tapi motor ogah bergerak dari tempatnya semula. Ini juga bisa disebabkan oleh kampas kopling yang sudah habis. Memang ada beberapa hal yang bisa jadi ciri, kalau kampas kopling performanya mulai menurun. Pada motor batangan yang koplingnya manual misalnya, saat handle kopling ditarik motor ndut-ndutan seperti ingin maju.

Ciri lainnya, saat gas dipelintir jarum RPM-nya saja yang naik dan motor seperti berat untuk melangkah. Atau juga bisa, motor terasa kurang responsif. Kalau sudah rasanya seperti itu, lebih baik cek mesin dan terutama bagian kampas kopling. Jangan sampai masalah jadi besar, kalau memang kampas koplingnya bermasalah, lekas ganti.

Substitusi Kampas Kopling

Keluarkan yang lama dan ganti part baru, memang jadi obat mujarab manakala kampas kopling bermasalah. Itu idealnya, nah kalau pas kebagian part yang untuk tunggangan kita enggak tersedia bagaimana ya?

Ada beberapa kampas kopling yang bisa dipakai sebagai bahan substitusi. Sama-sama orisinal dan tinggal pasang saja.

Part yang dipakai Honda Tiger, bisa disubstitusikan dengan bawaan Honda Supra X125 atau juga bisa pakai dari keluarga Honda GL. Termasuk juga bisa pakai dari bawaan Mega Pro dan CB150R. Kampas kopling Tiger, juga bisa dipakaikan pada produk motor dari pabrikan lainnya.
Bila kampas kopling Kawasaki KLX150S hangus, bisa pakai bawaan Tiger. Si Tiger memang paling gampang kalau cari kampas kopling substitusinya dan berbeda dengan Honda CBR250R. Dimensi yang berbeda, membuat motor sport yang satu ini jangan sampai kehabisan kampas kopling saat dalam perjalanan turing.

Sama seperti Tiger, Yamaha Scorpio juga bisa pakai kampas kopling atau kampas koplingnya bisa dipakai pada motor dari pabrikan yang sama maupun lainnya. Yamaha V-Ixion jadi saudara sepabrik yang kampas koplingnya bisa dipakai, sedangkan dari tetangga bisa dipakaikan pada Bajaj Pulsar 220.

Khusus untuk Yamaha Byson, kampas koplingnya ada 4 lembar dan terdiri atas 2 tapak kampas yang rapat dan 2 lainnya renggang. Enggak tersedia, kalau mencari yang sama persis seperti itu. Meski beda, tapi bawaan Kawasaki Ninja 150RR, bisa dijadikan bahan substitusinya.

Tunggangan Anda Suzuki Satria F150 Kampas kopling dari pabrikan yang sama yang bisa dipakai. Seperti bawaan Thunder 125 maupun motor sport 2-tak Suzuki RGR150.

Referensi: motor.otomotifnet.com

menghasilkan dollar dari zapbux

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

2 komentar:

  1. Buat yang nyari part racing buat motor kesayangan nya ,,
    Mampir bro ke blog kita http://adviemotor.blogspot.com & website kita http://adviemotor.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Advie Motor Racing Shop : Thanks infonya gan...

      Hapus

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News